DISCLAIMER

DISCLAIMER




Segala tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli atau menjual saham tertentu. Semua keputusan menjadi tanggung jawab anda masing-masing. Berhati-hatilah dalam investasi dipasar modal. Pelajari terlebih dahulu segala resikonya sebelum mengambil keputusan, apabila salah bisa menimbulkan kerugian.




Minggu, 01 Januari 2012

Rich trader review 30-12-11 HAPPY NEW YEAR 2012

HAPPY NEW YEAR 2012

IHSG berhasil close diatas 3800, asing net buy Rp 428 M. Saham bc mix sebagian memang ada net buy, sebagian lagi net sell seperti TLKM dan INDF. Window dressing hanya terjadi di sebagian saham kecil seperti MYOR, ADMF dan GJTL.

Secara umum sepanjang tahun 2011 IHSG open 3704 pada 3 Januari dan close di 3821 pada tanggal 30 Desmber. Return yang diberikan sekitar 3,16% jika mengacu padda angka open dan close-nya sepanjang 2011. Hal yang sama terjadi pada portofolio yang beraset equity seperti reksadana saham yang dikelola beberapa manager investasi menghasilkan return antara -15% sampai +7%. Pada umumnya menghasilkan return negatif dan hanya beberapa yang menghasilkan return positif di bawah 5%, sisanya diatas + 5 % tidak lebih dari hitungan tangan. Berbeda dengan reksadana pendapatan tetap yang lagi bersinar, secara umum mampu menghasilkan return positif 5%-16% sangat fantastis.

Perdagangan hari terakhir pada tahun kemarin bursa Eropa close di zona hijau, sedangkan Dow close di zona merah. Oil masih sekitar U$ 99 / barrel dan gold di kisaran U$ 1560/ tray oz.

Untuk perdagangan di hari pertama tahun 2012, sebaiknya melihat arah market terlebih dahulu. Biasanya hari pertama dan kedua masih belum terlalu ramai. Beberapa saham yan perlu di cermati: ISAT, ADMF,AUTO, TSPC. Di keempat saham tersebut ada peluang gerakan ke utara, tapi sebaiknya tetap berhati-hati. Bagaimanapun sentimen negatif dari Eropa, sedikit banyak akan mempengaruhi IHSG.

Sebagai renungan, sudahkah kita mengevaluasi cara trading atau investasi kita selama 2011? Apakah sudah memberikan hasil seperti yang diharapkan atau justru sebaliknya mengalami kerugian yang cukup dalam? Jika jawabannya  kita mengalami kerugian diatas 20%, sebaiknya tanyakan pada diri sendiri apa yang salah yang kita lakukan berulang-ulang sehingga rugi seperti sekarang ini. Apa strategi yang perlu dilakukan pada 2012 agar bisa profit minimal diatas return IHSG?  Kata kuncinya hanyalah belajar dan disiplin, 80 % trader mengalami kerugian karena tidak disiplin, bukan pengetahuan tentang TA dan FA. Diantaranya membiarkan kerugian berlarut-larut pada saham-saham sampah dan memory indah tentang harga masa lalu yang pernah dicapai oleh satu saham tanpa melihat kenyataan , emiten yang bersangkutan sedang dalm fase downtrend.

Saya pribadi tetap berharap di tahun 2012 ini kita lebih bijaksana dalam mengambil setiap keputusan beli, jual atau hold di suatu saham. Semoga di tahun yang baru ini kita semua tetap di beri kesehatan, panjang umur, kegembiraan dan kebahagiaan serta rejeki jasmani dan rohani yang berkelimpahan oleh Sang Pencipta

Salam sukses

Save trade and happy profit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.