DISCLAIMER

DISCLAIMER




Segala tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli atau menjual saham tertentu. Semua keputusan menjadi tanggung jawab anda masing-masing. Berhati-hatilah dalam investasi dipasar modal. Pelajari terlebih dahulu segala resikonya sebelum mengambil keputusan, apabila salah bisa menimbulkan kerugian.




Selasa, 01 November 2011

Rich trader review 01-11-11 Nothing's new

Nothing's new, IHSG closing minus 105 poin asing mulai net sell sebesar Rp 99 M. Semua yang terjadi hari ini sudah sesuai dengan posting kemarin. Swing 100-150 poin hari ini kejadian, tanda turun yang kemarin saya sebutkan juga terjadi hari ini.

Sampai dengan penutupan sore tadi saya masih cukup yakin kalau siklus swing sedang terjadi dan arah masih bull trend. Alasannya asing masih net sell tipis, tetapi semua prediksi akan bisa berubah masih tergantung dari penutupan DOW dan commodity price. Saya hanya akan BOW dengan menggunakan kombinasi retracement dan indikator TA serta posisi dari net buy asing. Jika ada indikator yang belum confirm saya akan menunggu atau mencari substitusinya.

Bila Dow di tutup minus dalam dan sikon Eropa menjadi liar disertai net sell asing yang besar, maka short term bullish akan berubah menjadi bearish kembali. Market Eropa masih menunggu hasil dari referendum Yunani, jika gagal maka paket stimulus yang beberapa waktu lalu sudah disetujui menjadi sia-sia. Sedangkan dari Amerika juga masih menunggu sidang FOMC yang berlangsung dua hari mengenai QE3.

Saat sedang berhadapan dengan market kita harus selalu siap dengan perubahan yang terjadi. Perubahan itu sendiri dari segi waktu menjadi semakin cepat mengikuti kemajuan internet yang juga semakin cepat. Saat prediksi saya ternyata meleset karena perubahan sikon yang terjadi terakhir kali. Saya juga harus dengan cepat mengantisipasinya, tidak bertahan dengan pendapat yang pertama. Ini karena semua prediksi yang saya buat juga berdasarkan sikon yang terjadi. Apa yang saya prediksi untuk besok berdasarkan data sore tadi, bukan berdasarkan data Eropa dan Dow yang masih running.

Untuk besok masih tetap perhatikan support-support IHSG dan saham-saham yang akan di beli, initinya  jangan menangkap pisau jatuh. Pahami betul konsep BOW, bukan berarti setiap turun langsung beli. Tapi ada rambu-rambu yang harus diperhatikan, minimal kita tahu titik entry-nya sehingga risk menjadi minimal.

Saat artikel ini ditulis Eropa minus diatas 4% kecuali FTSE sekitar 2%, market AS juga minus 2%-an. Oil price dibawah U$ 90 dan gold dibawah U$ 1700, cermati closing dari masing-masing.

Save trade and happy profit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.