DISCLAIMER

DISCLAIMER




Segala tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli atau menjual saham tertentu. Semua keputusan menjadi tanggung jawab anda masing-masing. Berhati-hatilah dalam investasi dipasar modal. Pelajari terlebih dahulu segala resikonya sebelum mengambil keputusan, apabila salah bisa menimbulkan kerugian.




Senin, 07 November 2011

Rich trader review 07-11-11 Masih net buy

Masih net buy, IHSG closing minus 5 poin asing net buy Rp 371 M. Seperti yang saya katakan pada posting kemarin secara umum IHSG masih akan uptrend meski masih di grey area. Hari ini terbukti dengan jalan ditempat walaupun closing hari Jumat Eropa dan Amerika minus, IHSG masih bisa bertahan. Market Asia juga minus hari ini, kekhawatiran berikutnya muncul dari Italy yang membuat DF minus diatas 100 poin.

Secara umum transaksi yang terjadi hari ini sangat kecil, market sepi sekali. Saham-saham BC relatif bertahan plus minus 2 poin dengan volume yang sangat minim, ada juga beberapa saham dengan formasi candle doji. Indikator yang ada tidak bercerita apapun, ini karena tidak didukung dengan volume yang menunjukkan kalo market memang bingung mau kemana arah selanjutnya. Sisi positifnya adalah strategi BOW yang dilakukan oleh asing di saham-saham bc.

Saat market uptrend bukan berarti tidak terjadi koreksi, anggapan ini yang sering salah kaprah. Saat terjadi trend naik dengan jangka waktu 1-2 bulan pasti ditengah-tengahnya terjadi koreksi beberapa kali. Coba perhatikan suatu periode uptrend didalamnya pasti terdapat beberapa candle yang berwarna merah yang menandakan suatu koreksi normal. Menurrut saya inilah yang sedang terjadi dengan IHSG, saat koreksi volume tiba-tiba hilang dan asing melakukan strategi BOW.

Bagi trader retail akan jauh lebih mudah dan lebih lincah saat melakukan buy dan sell, yang tidak mungkin dilakukan oleh HF - HF besar.  Hal ini karena perbedaan dana yang akan dimainkan, HF yang mewakili institusi biasanya bermain dengan dana Rp 100-700 M tiap hari tergantung dari kelasnya masing-masing. Sehingga saat akan akumulasi atau distribusi suatu aset akan memerlukan waktu beberapa hari dan strategi tarik ulur. Perbedaannya akan sangat jelas jika dibandingkan dengan seorang trader yang mungkin hanya bermain Rp 10-20 M yang dengan sekali buy atau sell sudah bisa masuk ataupun keluar di suatu saham.

Uraian diatas semoga bisa menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan ke saya yang intinya: Mengapa harga turun, tapi koq asingnya net buy? Untuk besok tidak ada ulasan khusus, saham pilihan hampir sama seperti posting kemarin perhatikan support dan resist-nya serta arah dari market. Cermati closing dari Eropa dan Dow serta oil dan gold.

Save trade and happy profit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.