DISCLAIMER

DISCLAIMER




Segala tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli atau menjual saham tertentu. Semua keputusan menjadi tanggung jawab anda masing-masing. Berhati-hatilah dalam investasi dipasar modal. Pelajari terlebih dahulu segala resikonya sebelum mengambil keputusan, apabila salah bisa menimbulkan kerugian.




Rabu, 02 November 2011

Rich trader review 02-11-11 Di tengah pesimpangan

Di tengah pesimpangan, IHSG closing plus 78 poin yang menarik adalah posisi asing net cukup besar Rp 296 M ditengah-tengah hijaunya market. Jika kemarin minus 105 poin, swing hari ini sebesar 139 poin dari titik high dan low-nya. Swing sebesar 100-150 poin adalah hal yang biasa saat market volatile. BORN masih ditekan meskipun berhasil closing di rumput hijau. Hari ini ada drama besar di sebagian market Asia terutama Hangseng dan IHSG. Kalau melihat gerakan kemarin ditambah closing dari Eropa dan Dow, pagi tadi sudah banyak trader yag akan cut loss terutama bagi mereka yang mau disiplin. Opening market IHSG sempat turun searah dengan pergerakan market Asia lainnya. Biasanya trader cut loss saat ada pantulan sedikit keatas. Pola itu sangat memungkinkan terjadi pada sesi 1 hari ini.

Setelah cut loss biasanya kita masih mencermati pergerakannya posisi yang diambil mungkin cut loss antara 2-5% tergantung rule masing-masing trader.  Dalam hati kita mungkin berkata: ya biarlah rugi dikit, ini bagian dari disiplin dan resiko yang memang harus diambil daripada modal tergerus terus. Persoalan timbul saat harga bergerak naik terus dalam hitungan menit bahkan melebihi harga beli kita. Tentu saja kalau ini yang terjadi maka akan timbul rasa penyesalan mungkin kita berkata: ngapain di cut loss, didiamkan aja sekarang sudah profit.  Saat harga naik, biasanya sehabis cut loss kita tidak berani ambil posisi lagi dalam pikiran kita akan muncul: jangan-jangan ini cuma bull trap abis di beli ntar turun lagi. Sehingga untuk amannya kita cuman bisa diam sambil liatin running trade.

Cerita diatas mungkin terjadi  pada sebagian orang hari ini baik di IHSG maupun di Hangseng yang pola gerakannya mirip. Apa yang salah? Tidak ada yang salah dalam hal disiplin diri semuanya bertujuan untuk melindungi modal kita. Mungkin lebih tepat, jika kita juga mempelajari bandarmology yang biasanya berisi kocakan market dasarnya adalah memainkan psychology orang dengan permainan bid dan offer. Antrian bid dan offer kadang berisi puluhan ribu lot dan dalam sekejap bisa hilang semua disertai dengan gerakan rolling baik keatas maupun ke bawah sesuai dengan target tujuan yang akan dicapai.Sering juga bermain di area perbatasan seperti support, resistant dan gari-garis ma.

Prediksi untuk besok apakah IHSG akan hijau? Bisa jadi. Kalau tadi malan Dow minus sekitar 2% dan ternyata Asia bergerak berlawanan, seakan-akan market Eropa dan Dow mengikuti Asia bukan sebaliknya. Nanti malam ada pertemuan European Leader membahas soal Yunani juga FED meeting . Jika ada keputusan yang bagus dari Eropa dan sinyal QE 3 dari The Fed, bisa jadi Eropa dan Dow naik banyak dan sebaliknya. Masih ingat beberapa minggu yang lalu saat Merkel memberikan statement kalau krisi Eropa tidak akan berakhir cepat. Market langsung terjun bebas dan besoknya naik lagi dengan cepat.

Saat artikel ini ditulis Market Eropa masih mix dan Dow belum open, Cermati closingnya juga pergerakan oil dan gold. Untuk besok cermati aja saham-saham yang naik dengan volume terutama coal sector seperti HRUM, PTBA, ITMG juga ASRI.

Save trade and happy profit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.