DISCLAIMER

DISCLAIMER




Segala tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli atau menjual saham tertentu. Semua keputusan menjadi tanggung jawab anda masing-masing. Berhati-hatilah dalam investasi dipasar modal. Pelajari terlebih dahulu segala resikonya sebelum mengambil keputusan, apabila salah bisa menimbulkan kerugian.




Kamis, 13 Oktober 2011

Rich trader review 13-10-11 Potensi minor correction

Potensi minor correction. IHSG closing plus 39 poin, yang mengejutkan adalah net buy asing mencapai Rp 934 M. Secara TA hampir semua saham bc closing dengan pola candle reversal, ini terlihat banyak sekali bentuk-bentuk seperti inverted hammer, evening star, dark cloud cover dan ada beberapa type reversal lagi setelah uptrend beberapa hari. Secara umum ini mencerminkan short term bullish selama asing masih melakukan pembelian diatas Rp 400 M / hari seperti yang terjadi beberapa hari terakhir. Salah satu ciri bullish adalah saat indeks terkoreksipun asing akan melakukan posisi net buy cukup besar. Sedangkan pola candle yang terjadi menunjukan uptrend maupun downtrend tidaklah berupa garis lurus, tetapi lebih menyerupai pola wave 3-3 atau 3-5 seperti dalam prinsip Elliot wave.

Saat artikel ini ditulis market Eropa minus 1%, demikian juga market Amerika. Tapi yang lebih penting adalah closing dari kedua market tersebut, serta respon Asia besok pagi. Efek dari weekend tetap harus diwaspadai, mengingat kenaikan telah terjadi beberpa hari. Dalam pasar saham semua kemungkinan dapat terjadi, seperti koreksi yang sudah ditunggu oleh sebagian trader sejak 2 hari yang lalu. Apakah terjadi besok? Bisa saja. Karena itu pentingnya kita membuat trading plan dan disiplin menjalankannya.

Resist IHSG di 3710-3720 belum berhasil di sentuh, area ini juga mewakili dari strong resist MA 200, yang merupakan konfirmasi penting untuk menentukan arah selanjutnya. Apakah pola double bottom atau  mayor downtrend line yang justru di break di 3800? Sementara ini minor downtrenline sudah berhasil break di 3400-an.

Cermati pola candle yang masih bertahan diantaranya AALI dan INDF, untuk study kasus coba bandingakan dengan candle bc yang lainnya. Adakah perbedaannya?

Jika ternyata closing Dow berhasil naik lagi diatas 1%, ada kemungkinan pagi hari IHSG akan naik dulu selanjutnya market akan bergerak mengikuti sentimen yang terjadi.

Save trade and happy profit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.