DISCLAIMER

DISCLAIMER




Segala tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli atau menjual saham tertentu. Semua keputusan menjadi tanggung jawab anda masing-masing. Berhati-hatilah dalam investasi dipasar modal. Pelajari terlebih dahulu segala resikonya sebelum mengambil keputusan, apabila salah bisa menimbulkan kerugian.




Selasa, 04 Oktober 2011

Rich trader review 04-10-11 Banteng masih tidur pulas

Banteng masih tidur pulas. IHSG closing minus 79 poin dan asing juga belum bosan untuk melakukan net sell, tercatat sebesar Rp 417 M dan belum ada tanda-tanda mereda.  Support pertama IHSG di 3295 telah tertembus, berikutnya cermati di 3217 dan kalau mencoba break low ada di 3119 serta 3072.  TLKM merupakan saham penahan indeks dengan berhasil naik, disamping ada program buyback dari emiten. Dana yang dipakai sekitar Rp 5 trilliun, yang sudah digunakan sekitar 21 % beberapa hari lalu.

Berita-berita negatif cukup banyak beredar, ini sebagian berita yang saya dapat dari teman. Defisit Portugal bulan September mencapai 9,8% dari GDP-nya naik dari sebelumnya 8%. Beberapa menteri keuangan Euro zone menolak menaikkan nilai dana EFSF menjadi 700 B Euro. Manufaktur Eropa mengalami penurunan 2 bulan berturut-turut ke 48,5 dari sebelumnya 49 di bulan Agustus.

Saat artikel ini ditulis oil dan emas bergerak turun bersamaan. Sementra Eropa masih minus diatas 3% dan opening dari Amerika minus 1%. Cermati closing dari masing-masing market dan commodity. Banyak yang bertanya pada saya apakah sudah boleh beli? Jawabannya selama bantengnya masih tidur nyenyak, jangan pernah beli. Kecuali anda termasuk scalper berpengalaman dan punya waktu untuk monitoring. Apakah besok banteng mulai bangun dari tidurnya dan beruang mulai lelah setelah beberapa hari ini berlari-lari terus? Bisa jadi, salah satu indikatornya tekanan jual asing mereda dan faktor regional serta global-nya mendukung.

Melihat perkembangan terakhir, mungkin tidak lama lagi beruang akan beristirahat sejenak sambil mengumpulkan tenaga untuk berlari kembali. Saat itu kita bisa ikut bersama banteng untuk bergembira sejenak, sambil meunggu sikon berikutnya.

Seperti biasa tidak ada rekomendasi saham, update mungkin saya posting di shout box ataupun di FB tergantung mana yang lebih cepat.

Save trade and happy profit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.