DISCLAIMER

DISCLAIMER




Segala tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli atau menjual saham tertentu. Semua keputusan menjadi tanggung jawab anda masing-masing. Berhati-hatilah dalam investasi dipasar modal. Pelajari terlebih dahulu segala resikonya sebelum mengambil keputusan, apabila salah bisa menimbulkan kerugian.




Minggu, 07 Juli 2013

Rich trader review 05-07-13 Masih sama

Masih sama. IHSG closing plus 21 poin asing juga masih net sell Rp 227 M dengan value transaksi harian Rp 3,1 T. Sekali lagi IHSG berjalan sendiri, meski global positif pada kamis malam dan regional juga positif pada Jumat, tapi IHSG belum mau meresponnya. Closing Jumat juga mix, Asia dan Dow berada pada zona hijau, sedangkan Eropa berdarah-darah rata-rata minus diatas 1% .

Banyak yang bertanya kenapa secara TA masih downtrend, tiba-tiba besoknya market naik diatas 1% bahkan 2% dan sebaliknya. Seakan-akan mereka yang memakai TA justru selalu salah dan dikerjain sama market. Beberapa posting sebelumnya sudah pernah saya bahas, jangan kaget kalo IHSG tiba-tiba naik 2% atau turun diatas 2%. Kuncinya adalah volatilitas market, TA yang umumnya dipakai tidak bisa mengantisipasi pergerakan yang sangat liar. Hasilnya akan bias, sebagai contoh stochastic sudah gloden cross, macd juga mau golden cross harusnya sinyal buy. Besoknya tiba-tiba justru minus, sehingga keputusan buy yang kita ambil tidak.  TA yang umum, berguna untuk menentukan trend dengan catatan market tidak volatile. Saat volatile TA hanya untuk menemukan titik support dan resist, kemudian akan kita uji di titik itu apakah kuat atau salah. Market yang volatile hanya enak untuk mereka yang bisa bermain cepat dan mereka yang agak lambat, sebaiknya memang menunggu sampai volatilitas market sudah reda.

Watch besok: ASII dan KLBF, sekali lagi market sangat volatile, sehingga sewaktu-waktu dapat berbalik arah. Strategy hit and run atau jauhi market untuk sementara waktu. Oil kembali naik di kisaran U$ 103,6/ barrel, kenaikan ini bukan karena fundamental tapi karena faktor Mesir. Problemnya di terusan Suez yang sangat brpengaruh terhadap waktu pengiriman. Saat Egypt bergolak, lalu lintas ini sangat terganggu dan jika sampai ditutup. Tentu butuh waktu berbulan-bulan untuk bisa mengirim oil dari kawasan Amerika atau Eropa menuju Asia. Semua jadwal yang telah direncanakan akan amburadul dan berpengaruh terhadap masing-masing negara. Beberapa negara sangat tergantung dengan pasokan oil, yang merupakan sumber energy utama. Jika ini terganggu, bukan hanya soal export dan import  aja, tapi bisa merembet ke stabilitas politik dan keamanan di masing-masing negara yang bersangkutan. Semoga aja soal Egypt ini cepat selesai. Tetap disiplin dengan trading plan dan money management.

Save trade and happy profit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.