DISCLAIMER

DISCLAIMER




Segala tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli atau menjual saham tertentu. Semua keputusan menjadi tanggung jawab anda masing-masing. Berhati-hatilah dalam investasi dipasar modal. Pelajari terlebih dahulu segala resikonya sebelum mengambil keputusan, apabila salah bisa menimbulkan kerugian.




Senin, 28 Mei 2012

Rich trader review 28-05-12 Rebound?

Rebound? IHSG closing plus 16 poin dengan posisi asing yang masih net sell Rp 412 M. Rebound hari ni masih perlu dikonfirmasi 1-2 candle lagi, hal ini diperlukan agar kita bisa lebih akurat menentukan arah market. Karena volume hari ini sangat tipis sekali, value transaksi di bawah Rp 3 T. Pola-pola candle reversal memang terjadi pada beberapa saham tapi dengan volume yang sangat tipis. IHSG sendiri pada waktu opening meluncur  jatuh menembus ma 200, sebelum akhirnya berhasil rebound, sehingga mematahkan sinyalnya. Hanya seperti yang saya katakan diatas, masih perlu konfirmasi lebih lanjut.

Eropa masih berada di zone green
, tingga lihat closingnya, Dow nanti malam close. Ini juga yang menyebabkan market kurang bergairah, nampaknya para pelaku pasar masih wait and see, sambil juga melihat arah dari Dow.

Saat ini banyak juga trader yang sudah nggak sabar pengen belanja. Bahkan dengan kenaikan hari ini banyak yang kecewa, karena tidak berani entry market, toh akhirnya juga naik dan kehilangan profit. Saya pribadi melihatnya dari sisi yang berbeda dalam artian kita mau menempatkan diri di posisi apa? Ini lebih ke pikologis yang juga ikut berperan dalam keberhasilan kita di stock market. Jika kita menempatkan diri sebagai investor jangka panjang tentunnya tidak bermasalah entry sekarang dengan pemilihan selektif. Hanya saham-saham yang punya FA bagus dan posisi cash management yang baik, sehingga dapat membeli lebih banyak lagi saat saham tersebut masih turun. Berikutnya adalah scalper/ fast trader yang hanya memegang saham dalam hitungan menit atau jam, investor type ini biasanya adalah veteran yang sudah punya jam terbang tinggi, punya waktu, berada di depan market dan punya trading plan, termasuk cut loss di harga berapa jika sikon memang harus seperti itu.

Type terakhir adalah swing trader, investor ini biasanya memegang saham dalam hitungan hari sampai minggu, karenanya dasar yang dipakai adalah pergerakan trend. Dimana satu trend akan mempunyai periode waktu antara harian sampai mingguan. Tidak ada mana yang benar/ salah atau lebih baik yang mana dari ketiga type diatas. Masing-masing type mempunyai kelebihan dan kekurangan serata karakter sendiri dan ada yang sukses di ketiga type tersebut. Kembali lagi dimana kita mau menempatkan diri kita sesuai dengan skill, waktu dan uang yang mau kita investasikan di stock market. Disiplin dan psikologis dari mental kita yang pada akhirnya menentukan kesuksesan kita. Sedangkan pengetahuan TA dan FA pada umumnya lebih mudah dipelajari asalkan kita memang mau berkembang lebih baik. Kemampuan psikologis hanya bisa didapat dari jam terbang kita yang akan langsung membekas saat kita bisa profit  maupun mengalami kerugian.

Watch list untuk besok, sementara saya tiadakan, karena data yang ada masih bias. Jika dipaksakan malah memungkinkan kerugian yang lebih besar. Saat ini saya hanya menunggu sinyal entry yang sewaktu-waktu dapat muncul di market. Cermati selalu support dan resistant IHSG dan saham yang akan kita incar.

Save trade and happy profit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.