DISCLAIMER

DISCLAIMER




Segala tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli atau menjual saham tertentu. Semua keputusan menjadi tanggung jawab anda masing-masing. Berhati-hatilah dalam investasi dipasar modal. Pelajari terlebih dahulu segala resikonya sebelum mengambil keputusan, apabila salah bisa menimbulkan kerugian.




Kamis, 21 Februari 2013

Rich trader review 21-02-13 Dikepung Beruang

Dikepung Beruang. IHSG closing minus 2 poin saja asing masih melakukan net buy sangat besar Rp 848 M dengan value transaksi Rp 5,5 T. Bursa Asia maupun Eropa minus cukup besar, bahkan saat artikel ini ditulis Eropa sudah minus diatas 1%, tinggal melihat closingnya.

IHSG berusaha untuk naik ditengah-tengah beruang yang sudah cukup garang, akibat merespon aksi dari The Fed yang dikabarkan kan menghentikan stimulus lebih cepat dari jadwal semula. Tapi ada satu hal yang terlihat sngat menarik yaitu aksi akumulasi yang dilakukan oleh asing. Nilainya sangat besar untuk ukuran harian yang mencapai Rp 848 M, aksi itu terlihat jelas pada ASII, BBNI, BMRI dan PGAS. Seandainya Dow maupun Eropa ternyata closing minus diatas 1%, maka kemungkinannya adalah net buy asing akan terhenti sesaat atau justru masih net buy besar. Jika melihat sikon hari ini, saya cenderung kontrarian artinya saya masih yakin market akan dijagai. Jika benar, maka dapat masuk secara bertahap. Pada saat Eropa dan Dow minus diatas 1%, biasanya pagi hari saham akan di bawa turun terlebih dahulu. Perlu diperhatikan jika market dijaga, bukan berarti IHSG harus naik, tapi yang lebih terlihat adalah asing tidak melakukan net sell, atau net sell dengan value yang kecil. Artinya harga saham bisa turun tapi tanpa volume yang signifikan. Hanya saja reaksi wajar pelaku pasar biasanya cenderung wait and see, memang respon seperti ini jauh lebih aman, dari pada mengambil sikap contrarian.

Saham grup Bakrie masih ditekan, dengan berbagai macam spekulasi menjelang RUPS BUMI Plc di London. Mengnai tgl RUPS ini juga ada dua versi yaitu tgl 21 dan 23. Jika benar tgl 21, tentu esok hari kita sudah tahu hasilnya dan dapat melihat respon pasar terhadap keputusan yang dihasilkan. Melihat perkembangan Eropa yang sampai saat ini masih minus, untuk amannya wait and see aja dulu, sambil cermati sikon yang terjadi.

Gold turun cukup dalam di bawah U$ 1600/ tray oz dan menyentuh kisaran U$ 1560. Tentu ini membuat pukulan tersendiri, jika dikaitkan dengan  perkembangan yang terjadi seakan bertolak belakang. Kita lihat deh closing hari ini sampai berapa. Termasuk oil, commodity lainnya dan Dow. Tetap disiplin dengan trading plan dan money management.

Save trade and happy profit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.