DISCLAIMER

DISCLAIMER




Segala tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli atau menjual saham tertentu. Semua keputusan menjadi tanggung jawab anda masing-masing. Berhati-hatilah dalam investasi dipasar modal. Pelajari terlebih dahulu segala resikonya sebelum mengambil keputusan, apabila salah bisa menimbulkan kerugian.




Kamis, 05 Juli 2012

Rich trader review 06-07-12 Bullish?

Bullish? IHSG closing minus 6 poin memang nampak perkasa sekali yang  sudah tentu juga di dukung oleh capital inflow dari asing sebesar Rp 329 M. Meskipun value hari ini cukup kecil dibawah Rp 2,5 T yang disebabkan sikap wait and see dari pelaku pasar. Menunggu ECB meeting yang akan menetukan ECB rate, semacam penentuan BI rate disini. Prediksi sementara jika cut rate, akan membuat pasar sedikit bergoyang dan sebaliknya.

Secara TA memang market sudah kembali dalam siklus bullishnya, ini bisa terlihat dari capital inflow yang masuk ke bursa dalam beberapa hari terakhir. Salah satu ciri lainnya yaitu banyak saham bc yang sudah berada di atas ma 200-nya dengan volume yang cukup besar. Para analis di luar sebagian besar juga memprediksi hal yang sama.  Satu hal yang penting yang perlu DIINGAT!!!!!

Saat market dalam fase bullish, bukan berarti tidak bisa koreksi. Ini yang terkadang membuat kacau psikologis trader, setelah membaca beberapa analisa maupun prediksi di blog atau web yang bilang bullish. Dengan rasa percaya diri yang tinggi dan amunisi penuh masuk ke market. Padahal market lagi akan melakukan minor koreksi, setelah kenaikan beberapa hari. Ini merupakan siklus yang sehat, koreksi adalah bagian dari gerakan market untuk naik lebih tinggi lagi dalam siklus bullish. Trader  yang baru masuk tentu akan kecewa, baru beli ternyata market kembali turun dan biasanya ada trigger dari bad news. Karena masih trauma dengan siklus bearish yang baru dialami (dalam 2-4 minggu terakhir), akhirnya memutuskan cut loss lagi. Setelah di cut loss, memang harga bergerak turun, tapi hanya sedikit atu turun dengan volume kecil. Pada saat itu belum berani masuk lagi ke pasar, sambil masih berpikir harga dengan cepat kembali naik menuju harga belinya kembali. Kondisi ini justru semakin membuat trader yang bersangkutan semakin frustasi, seakan-akan apa yang dilakukan salah melulu. Hal diatas bisa terjadi pada siapa saja, termasuk saya juga pernah mengalaminya. Karena tidak tahu siklus apa yang berjalan, sehingga hal diatas dapat terjadi pada trader yang bersangkutan.

Watch list besaok: GIAA, LSIP dan PGAS, sekali lagi harus diperhatikan, jika mau bergerak turun jangan masuk dahulu, tunggu sampai sinyal entry muncul kembali.

Dow malam ini akan buka kembali, cermati Eropa dan commodity, perhatikan juga efek weekend esok hari.

Save trade and happy profit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.