DISCLAIMER

DISCLAIMER




Segala tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli atau menjual saham tertentu. Semua keputusan menjadi tanggung jawab anda masing-masing. Berhati-hatilah dalam investasi dipasar modal. Pelajari terlebih dahulu segala resikonya sebelum mengambil keputusan, apabila salah bisa menimbulkan kerugian.




Rabu, 04 April 2012

Rich trader review 04-04-12 Bola panas The FED

Bola panas The FED. IHSG closing minus 81 poin dan mulai ada tanda reversal dari asing yaitu net sell Rp 428 M. Seperti yang saya tulis dalam posting kemarin, pembalikan arah terjadi jika asing net sell dan itu dibuktikan pada hari ini. Memang semuanya seperti kebetulan saat terjadi koreksi hari ini, pemicunya adalah sinyal dari The FED yang tidak akan mengucurkan QE 3, di samping TA yang memang sudah berada di ob area. IHSG dan saham-saham didalamnya secara candlestick confirm reversal, hanya saja ada yang disertai dengan volume besar dan tidak. Bagi yang tidak disertai volume besar, masih ada potensi untuk bounce bisa dimanfaatkan untuk fast trade.

Faktor lainnya adalah net sell asing di beberapa bc seperti UNTR, PGAS dan INDF, penurunan akan menjadi liar jika besok asing masih net sell besar dan Dow nanti malam break 13000 lagi. Bursa Asia juga closing diatas 1%, Nikkei minus 2 %, HSI libur, dan saat artikel ini di tulis Eropa minus diatas 1%. Yang perlu dicermati adalah Dow dan commodity, terutama oil yang turun di U$ 102, dibarengi dengan turunnya harga emas di U$ 1625/ tray oz.

Coal sector secara umum hari ini juga turun merespon wacana akan di berlakukannya pajak ekspor untuk batubara oleh pemerintah, sejauh ini baru wacana, tapi respon market mendahuluinya. Hal ini karena pasar saham pada intinya merespon dari kondisi masa depan saham, maupun sector yang bersangkutan. Saat ini sepertinya semua berita yang ada negatif. Bahkan headline di beberapa media cetak pagi tadi mengtakan kalau investor asing masuk di IHSG sehingga membuat rekor pada perdagangan kemarin juga tidak mampu membuat IHSG bertahan.

Kondisi seperti ini sangat disukai oleh day trader, mereka akan dengan mudah mendapatkan profit dalam waktu singkat. Ini karena mereka sudah menguasai psikologi market maupun pola-pola pantulan. Masing-masing saham mempunyai pola tersendiri dan biasanya para scalper sudah mengamati beberapa hari sebelumnya, sehingga mereka tahu siapa yang makan dan siapa yang buang saham yang bersangkutan.

IHSG jika terkoreksi berpotensi menguji support psikologis di 4000 dan akan bounce jika bisa bertahan, cermati titik supportnya, support lainnya ada di 4080. Cermati beberapa saham yang " mungkin anomali dengan market" seperti: ARTI, ARNA, AMFG, dan GEMS. Hari ini ada satu saham yang AR yaitu APLI, jadi disaat koreksi pun tetap ada saham yang naik banyak.

Tetap disiplin dengan trading plan dan cash management. Jangan sampai di saat harga murah peluru sudah habis terpakai.

Save trade and happy profit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.