DISCLAIMER

DISCLAIMER




Segala tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli atau menjual saham tertentu. Semua keputusan menjadi tanggung jawab anda masing-masing. Berhati-hatilah dalam investasi dipasar modal. Pelajari terlebih dahulu segala resikonya sebelum mengambil keputusan, apabila salah bisa menimbulkan kerugian.




Kamis, 08 Maret 2012

Rich trader review 08-03-12 Menunggu Eropa,

Menunggu Eropa, IHSG closing plus 25 poin dan asing net buy sebesar Rp 124 M. Seperti yang sudah diprediksi kemarin, jika Dow dan Asia hijau, kemungkinan besar IHSG juga hijau dan sudah terjadi hari ini. Pergerakan hari ini yang menarik adalah BMRI yang sangat banyak di akumulasi oleh asing, hal ini berbeda dengan saudara tuanya BBRI yang justru net sell paling banyak oleh asing. Aneh bukan? Hanya gara-gara persepsi LK hasilnya bisa jauh berbeda. Saya pribadi tetap lebih suka dengan BBRI secara FA, terlebih lagi LK unaudited BMRI sudah keluar dan hasilnya sepertinya diluar estimasi. Tapi lebih baik kita tunggu yang versi "audited" aja lebih bisa dipertanggung jawabkan.

Malam ini ada keputusan dari Yunani soal swap obligasinya, dan kalau melihat posisi Eropa saat artikel ini ditulis rata-rata sudah plus diatas 1%-2%, sepertinya ada hasil yang bagus. Tinggal lihat respon dari Dow dan pergerakan oil dan gold yang tampaknya mulai rebound kembali.

Untuk internal IHSG sendiri saya kurang yakin terlebih net buy secara umum hanya ditopang oleh BMRI, sedangkan ADRO dan PTBA kurang signifikan. Kembali lagi jika ternyata Eropa dan Dow naik signifikan, IHSG pun juga akan mengikuti untuk naik, minimal selama sesi 1. Selanjutnya cermati, jika hampir semua bc naik dengan volume besar dan disertai oleh net buy asing yang besar pula. Bisa disimpulkan IHSG akan kembali dalam trend naik untuk short term.

Saham-saham yang dicermati buat besok: LSIP,CPIN dan JAWA, tentunya juga saham bc yang akan naik jika terjadi seperti kondisi diatas. Volume yang besar belum pasti 100% menjamin kenaikan lebih lanjut contohnya terjadi pada SMCB yang kemarin naik dengan volume besar, hari ini juga turun dengn volume yang lumayan. Ini adalah salah satu pelajaran berharga bahwa di market tidak ada yang pasti 100%, yang pasti adalah ketidakpastian itu sendiri. Dengan selalu berhati-hati akan menghindarkan kita dari sikap over confidence yang bisa membawa kerugian. Saya pribadi jika trading, selalu menentukan target untuk keluar dengan prosentase profit yang masuk akal. Tiap orang akan berbeda dalam kepuasan profit, berapa yang ideal? Tentunya akan didapat dari hasil pengalaman masing-masing pribadi, yang akan berbeda juga untuk masing-masing saham.

Save trade and happy profit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.