DISCLAIMER

DISCLAIMER




Segala tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli atau menjual saham tertentu. Semua keputusan menjadi tanggung jawab anda masing-masing. Berhati-hatilah dalam investasi dipasar modal. Pelajari terlebih dahulu segala resikonya sebelum mengambil keputusan, apabila salah bisa menimbulkan kerugian.




Senin, 24 Juni 2013

Rich trader review 24-06-13 China Cash Crunch

China Cash Crunch 3C. IHSG closing minus 86 poin, 1,9% asing masih net sell Rp 717 M dengan value transaksi harian sebesar Rp 4,9 T. Topik yang lagi hangat sedang dibicarakan adalah cash crunch yang dikhawatirkan terjdi pda China, setelah topik credit crunch di Eropa dan Amerika menjadi populer. Fenomena cash crucnh adalah sikon dimana likuiditas akan mengering yang berakibat bunga akan naik. Ini sebenarnya memang yang diinginkan oleh China untuk merubah kebijakan ekonominya, yang dulu mengandalkan export sekarang akan mengandalkan konsumsi dalam negerinya.

Sikon seperti ini tentu tidak bijak jika kita menetang arus, saham lagi jatuh biarkan aja. Asalkan kita tahu why-nya, dan itu masih bagus. Artinya tinggal menunggu moment yang tepat untuk masuk kembali ke market dengan kekuatan penuh. Mengapa? Karena kesempatan seperti ini langka terjadi dan moment seperti ini yang ditunggu oleh investor sukses sekelas Warren Buffet dan Nouriel Roubini. Pada intinya mereka mengatakan “ this is the time to entry stock market”. Memang jangan diterjemahkan secara harfiah untuk masuk kapanpun. Dengan kemampuan dana kita yang terbatas tentu, diperlukan timing yang tepat untuk masuk, kecuali dana memang unlimited.Sementara waktu saya lebih banyak membahas dari sudut ekonomi, sampai nanti tiba saatnya membahas TA saham individu lagi.

Support IHSG ada  di 4398 dan 4204, sepertinya 4398 akan dengan mudah tersentuh dan tetap awasi market, kapan tekanan asing mulai reda. Saat itulah kita bisa mulai waspada untuk menunggu entry point. Commodity secara umum masih akan jatuh yang disebabkan turunnya demand, sedangkan supply cenderung tetap.  Khusus CPO harga cenderung naik untuk shortterm, yang di picu oleh kebakaran hutan, akibatnya supply berkurang dan demand meningkat terutama menjelang bulan puasa baik di Indonesia maupun di Malaysia dan negara Islam lainnya. Tetap disiplin dengan trading plan dan money management.

Save trade and happy profit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.