DISCLAIMER

DISCLAIMER




Segala tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli atau menjual saham tertentu. Semua keputusan menjadi tanggung jawab anda masing-masing. Berhati-hatilah dalam investasi dipasar modal. Pelajari terlebih dahulu segala resikonya sebelum mengambil keputusan, apabila salah bisa menimbulkan kerugian.




Rabu, 28 November 2012

Rich trader review 28-11-12 Beruangnya berlari lagi?

Beruangnya berlari lagi? IHSG closing minus 33 poin asing net sell sangat besar Rp 551 M dengan value transaksi sebesar Rp 4,7 T. Kalau judul posting kemarin beruangnya lepas kembali, hari ini beruangnya berlari-lari. Dimotori oleh ASII yang membuat kejutan pada awal sesi 1, berlanjut dengan saham-saham berbasis commodity seperti UNTR dan AALI yang semuanya masih dalam grup ASTRA. Saham-saham commodity lainnya juga parah seperti INDY, PTBA, LSIP, INCO yang mewakili masing-masing sektor. Berbagai alasan juga beredar seperti prediksi turunnya LK pada Q4 dan turunnya harga commodity dunia, kekhawatiran mengenai kelangkaan BBM sampai pada situasi politik yang mulai memanas.

IHSG secara TA sudah break uptrend line-nya yang terbentuk sejak Juni 2012, memang masih diperlukan 1-2 candle untuk konfirmasi. Paling tidak ini sinyal untuk kita waspada, jalankan sesuai skenario trading plan anda masing-masing. Apa perlu cut loss, kalo perlu di harga berapa dan itu mengcover kerugian berapa persen? Jika mau average down, apa yang membuat anda yakin saham tersebut naik kembali? Apakah scara FA memang mendukung untuk naik kembali dan berpa lama waktu yang dibutuhkan? Berapa persen total modal anda sudah tergerus dan bagaimana anda memproteksi dari kerugian yang lebih dalam? Apabila semua pertanyaan seperti diatas dapat anda jawab, berarti anda sudah mengerjakan PR anda.

Dalam psikology trading, pengendalian emosi merupakan peranan yang paling utama. Sebagai contoh TA hari ini menunjukan sinyal turun yang masih berlanjut, dan seandainya tiba-tiba market berbalik arah beranikah mengambil posisi buy setelah cut loss? Kalo teori tentu masih down trend, tapi beberapa saham menyentuh MA 200 yang masih diyakini sebagai support kuat, jika terbukti maka di level tersebut akan terjadi pantulan dan jika gagal maka penurunan juga akan bergerak liar. Disaat seperti ini memang dituntut kejelian yang tinggi untuk bisa melihat kapan market mulai mantul kembali. Jika penurunan masih berlanjut pada saham BC waspadai potensi margin call.

Cermati saham-saham kecil, play save don't be greedy. Hit and run sepertinya pilihan yang bijaksana untuk trading. Cermati Dow, Eropa dan pergerakan commodity. Tetap disiplin dengan trading plan dan money management.

Save trade and happy profit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.