DISCLAIMER

DISCLAIMER




Segala tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli atau menjual saham tertentu. Semua keputusan menjadi tanggung jawab anda masing-masing. Berhati-hatilah dalam investasi dipasar modal. Pelajari terlebih dahulu segala resikonya sebelum mengambil keputusan, apabila salah bisa menimbulkan kerugian.




Kamis, 22 September 2011

Rich trader review 22-09-11 Panic selling?

Panic selling? IHSG closing minus 328 poin setara 8.88%, sekali lagi asing melakukan net sell besar sekali Rp 1722 M. Pada awalnya punurunan merespon reaksi Dow semalam seperti market Asia lainnya, namun pergerakan menjadi liar setelah ada kepanikan terhadap rupiah yang melemah cukup tajam. Hal ini karena ada perbedaan antara data yang diakses lewat situs tertentu dengan data yang ada di tools saya. Mungkin dua-duanya benar, hanya saja terjadi perbedaan market dalam artian harga yang dipakai yang mana, bisa bank note atau non fisik.

Asing memang terlihat sekali melakukan penjualan bahkan terasa sekali suasana panic, yang pada akhirnya memicu pelaku pasar untuk tidak rasional lagi. Pemerintah mulai melakukan intervensi terhadap rupiah, pejabat-pejabat terkait memberikan statement untuk menenangkan pasar. Kabar dari pasar SUN juga diintervensi oleh pemerintah dengan buyback kembali nilainya diatas Rp 1 T. Penjualan tetap saja terjadi saat opening dari Eropa yang ternyata juga minus 3%. Hangseng menjelang closing bertambah buruk dan akhirnya ditutup minus 4,8%.

Pada  posting kemarin saya membahas support-support IHSG, yang paling akhir ada di 3400 dan 3200. Memang support 3400 ternyata jebol juga, hanya saya tidak menyangka kalau akan terjadi hari ini. Itupun sebenarnya kalau Dow juga break di bawah 11000 yang merupakan support psychology -nya. Apapun itu saya berharap bagi pembaca setia blog ini akan menjadikan early warning system, sehingga para pembaca bisa terhindar dari kerugian yang besar.

IHSG turun 8% maka saham-saham didalamnya turun bervariasi antara 8%-12%, ada yang jauh dibawah ma 200, ada yang baru break dan beberapa menuju ma 200-nya. Sebagian saham juga di buka gap down, sehingga kalau terjadi bounce berpotensi menutup gap-nya.

Banyak yang bertanya ke saya baik melalui telpon, ym dan bb apakah sudah boleh beli? Atau besok boleh beli apa Pak? Jujur saja saya tidak bisa memberikan jawabannya, semuanya masih tergantung dari perkembangan market seperti closing dari Dow malam nanti dan Eropa, pergerakan commodity, serta kebijakan-kebijakan yang diambil pemerintah. Jawabannya apakah semuanya mendukung pasar untuk kondusif sehingga indeks berpotensi untuk memantul kembali? Bagi pembaca setia blog, saya yakin kalau anda disiplin minimal kerugian anda akan minim. Saya sering sekali mengingatkan kalau arah market masih tergantung dari pergerakan asing dan rupiah. Bahkan TA-pun masih memberikan false signal, karena pasar lebih dipengaruhi oleh FEAR AND GREEDY dari pelaku pasar.

Support IHSG berikutnya ada di 3309 dan 3069, sebetulnya masih ada 1 support lagi tapi menurut saya pribadi kalau memang terjadi waktunya masih tahun depan. Saya sementara hanya fokus pada dua angka diatas, itu adalah kemungkinan yang paling dekat bisa terjadi.

Tidak ada analisa saham untuk besok, lebih fokus pada arah market dulu mau kemana berikutnya. Saat artikel ini ditulis Eropa masih minus diatas 4% dan opening dari market Amerika minus di atas 2%. Tetap cermati closingnya.
 
Lebih penting untuk tetap menjaga kesehatan, jangan sampai anda stress karena market dan jatuh sakit. Sudah rugi sakit pula, kalau memang ada kerugian jadikanlah itu sebagai pengalaman yang berharga seperti yang pernah saya alami waktu 2008 lalu. Kalau anda sehat dan bisa berpikir jernih, mungkin dapat dengan cepat mengembalikan semua kerugian yang terjadi. Terlebih bisa profit dari market yang volatile. Ada satu pepatah Cina yang intinya mengatakan dalam setiap krisis, disitulah juga terdapat peluang yang besar. Tugas kitalah untuk mengambil kesempatan tersebut.

Save trade and happy profit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.