DISCLAIMER

DISCLAIMER




Segala tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli atau menjual saham tertentu. Semua keputusan menjadi tanggung jawab anda masing-masing. Berhati-hatilah dalam investasi dipasar modal. Pelajari terlebih dahulu segala resikonya sebelum mengambil keputusan, apabila salah bisa menimbulkan kerugian.




Rabu, 12 Desember 2012

Rich trader review 12-12-12 Time for commodity

Time for commodity. IHSG berhasil closing plus 20 poin, kali ini asing membukukan net buy sebesar Rp 302 M nilai yang cukup besar setelah net sell yang cukup valid. Transaksi tercatat Rp 5,6 T datas rata-rata transaksi harian pada umumnya. Hari ini  hanya satu kata Time for Commodity terutama didominasi oleh coal dan CPO sector.

Coal sector diwakili oleh UNTR yang naik 9,8% diikuti oleh PTBA, HRUM, ADRO, bahkan Bumi pun turut ambil bagian. CPO sector diwakili LSIP, TBLA, BWPT, SGRO dan AALI diikuti juga oleh metal sector. Kejutan tak terduga datang dari  UNVR yang sejak pagi mengalami tekanan  jual hebat terutama oleh 3 sekuritas besar. Dipicu berita tentang perubahan royalti yang masih perlu dicek lagi kebenarannya, harga langsung bergerak turun drastis. Akhirnya UNVR closing dengan posisi minus hampir 11%, di barengi dengn volume yang besar pula. Saham-saham dari property, konstruksi dan grup Bakti hari ini mengalami profit taking. Sepertinya ini adalah awal dimulainya hajatan besar di BEI seperti yang pernah saya posting pada tanggal 6 Desember. Silahkan buka kembali untuk review, ini jika dugaan saya benar lho. Next mungkin banking sector, karena termasuk yang lagging dibandingkan sector lainnya.

Secara TA cukup banyak saham yang memberikan sinyal entry, saya hanya akan menampilkan beberapa saja. Watch UNTR, LSIP, ASII, BBRI, TBLA, INCO dan SGRO, cermati juga UNVR jika tiba-tiba ada pembalikan arah, serta grup Bakrie yang sepertinya baru mulai bermain. Kewaspadaan tetap harus dijaga, terutama dalam menghadapai gerakan zig-zag dari  para bandar. Jika besok asing kembali net sell besar sebaiknya tetap hati-hati, bisa jadi hanya dead cat bounce. Harapan saya sih, market benar-benar kuat dan reversal rally lagi. Resist IHSG ada di 4352 dan 4381.

Tetap cermati Eropa, Dow dan pergerakan commodity. Juga sikon global yang memanas dengan uji coba roket oleh Korea Utara. Semua sikon bisa terjadi secara tiba-tiba. Tetap disiplin dengan trading plan dan money management.

Save trade and happy profit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.