DISCLAIMER

DISCLAIMER




Segala tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli atau menjual saham tertentu. Semua keputusan menjadi tanggung jawab anda masing-masing. Berhati-hatilah dalam investasi dipasar modal. Pelajari terlebih dahulu segala resikonya sebelum mengambil keputusan, apabila salah bisa menimbulkan kerugian.




Kamis, 25 Agustus 2011

Rich trader review 25-08-11 IHSG bergerak seirama dengan pelaku pasar

IHSG bergerak seirama dengan pelaku pasar. Closing minus 2.64 poin asing masih net sell Rp 264 M, beberapa teman bertanya WHY? Saat market Asia naik dan Dow juga naik, kenapa IHSG berlawanan? Jawabannya ada di posting beberapa hari yang lalu, bagi yang tiap hari update dan teliti pasti sudah tahu alasannya.

Suasana liburan jelas sekali terasa terutama hari ini dan prediksi saya akan berlanjut sampai besok, value transaksi merosot tajam karena para bd dan big bozz sudah pada liburan. Kemungkinan yang terjadi mereka tetap akan mengurangi posisi sedikit kalau market masih aman dan akan cukup banyak kalau market cenderung lebih jelek.

Kenaikan Eropa dan Dow sementara ini bukan karena FA, lebih bersifat technical rebound saja. Optimisme yang dibangun berdasarkan keputusan besok malam mengenai QE atau apapun namanya yang intinya tentang stimulus baru. Kalau memang ada akan membawa angin segar sesaat, bursa bisa saja naik dan akan turun kembali untuk selanjutnya naik lagi menjelang akhir tahun. Jika sebaliknya yang terjadi tidak ada stimulus, maka market akan membuat kejutan lagi yang bisa membuat jantung dag-dig-dug.

Saya pribadi hampir seluruhnya memegang cash menjelang liburan yang cukup panjang saya tidak mau dipusingkan dengan berita-berita negatif yang akan mengurangi rasa kegembiraan bersama keluarga. Seandainya selama liburan ternyata market naik kencang, saya akan positioning saat  market buka konsekwensinya mungkin saya dapat harga yang lebih mahal dari sekarang. Sebagai rewardnya  saya akan lebih yakin mendapatkan profit didepan mata karena memang market dalam arah strong Bull. Jika benar market turun saya akan dapat harga yang jauh lebih murah saat market akan bergerak naik kembali.

Optimisme ini juga yang membuat sebagian orang berpendapat akan ada uptrend , sehingga harga emas turun drastis. Memang perlu penjelasan panjang lebar untuk memprediksi arah market ke depan, tidak bisa dirangkum hanya dalam artikel yang singkat ini. Saat berkumpul dengan komunitas saya 2 hari yang lalu, sudah saya jelaskan pada mereka tentang data-data yang berhasil saya dapat dan sampai saat ini memang belum ada tanda-tanda yang cukup bagus. Semuanya memang sangat dinamis, pasar saham adalah pasar yang sangat unik dan cukup sulit untuk memprediksi pergerakan harian, yang lebih masuk akal adalah mengetahui trend yang biasanya minimal terjadi dalam sebulan sampai tiga bulan kedepan.

Saat artikel ini ditulis Eropa minus diatas 1%, Dow juga dibuka minus tetap cermati closingnya dan pergerakan commodity. Untuk besok tidak ada prediksi saham, hanya follow the market aja. Selalu siapkan cash untuk berbelanja saat market benar-benar murah atau saat uptrend sudah terlihat dengan jelas.

Save trade and happy profit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.