DISCLAIMER

DISCLAIMER




Segala tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli atau menjual saham tertentu. Semua keputusan menjadi tanggung jawab anda masing-masing. Berhati-hatilah dalam investasi dipasar modal. Pelajari terlebih dahulu segala resikonya sebelum mengambil keputusan, apabila salah bisa menimbulkan kerugian.




Senin, 05 Desember 2011

Rich trader review 05-12-11 Masih sideway

Masih sideway, IHSG closing plus 0,9 poin asing  kembali net buy sekitar Rp 179 M. Transaksi hari ini sepi sekali di bawah Rp 3 T. Hari ini ada IPO saham baru dengan kode perdagangan CASS, untuk hari pertama gerakannya kurang spektakuler.

Perdagangan diwarnai oleh saham-saham kecil seperti MYOH, RAJA, KIJA, DOID, sedangkan saham-saham bc cenderung diam. Market masih rawan dengan sentimen, terutama yang datang dari Eropa menantikan hasil pertemuan antara Merkel dan Sarkozy.

Saat artikel ini ditulis Eropa masih plus diatas 0,5%  oil price berhasil menyentuh U$ 101 gold masih di level U$ 1730-1750/ tray oz. Cermati closing dari masing-masing market termasuk Dow. Pergerakan IHSG hari ini ada kemiripan dengan Dow, yang membedakan adalh posisi indikator antara kedua market tersebut. Indikator IHSG masih memungkinakan untuk naik, sedangkan Dow sudah berada di overbought area.

Cermati resist IHSG yang berada di 3813 dan strong resist 3856, jika berhasil break dengan volume besar maka arah selanjutnya akan mencoba 4000 sebelum melaju ke 4200 dan 4400-4500. Support IHSG berada di 3700 dan 3612. Kita lihat skenario mana yang akan dipilih oleh market, saya pribadi lebih memilih kondisi yang uptrend minimal ke arah 4000-an untuk akhir tahun. Momentum window dressing bisa jadi akan mewujudkannya.

Untuk besok tidak ada saham secara khusus, cermati jika saham bc idak bergerak maka saham-saham kecil masih akan ramai kembali. Tetap disiplin dengan trading plan dan cash management.

Save trade and happy profit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.