DISCLAIMER

DISCLAIMER




Segala tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli atau menjual saham tertentu. Semua keputusan menjadi tanggung jawab anda masing-masing. Berhati-hatilah dalam investasi dipasar modal. Pelajari terlebih dahulu segala resikonya sebelum mengambil keputusan, apabila salah bisa menimbulkan kerugian.




Selasa, 12 April 2011

Rich trader review 12-04-11 Sinyal bearish

Sinyal bearish, paling tidak itu yang tampak pada closing IHSG yang minus 26 poin hari ini. Asing akhirnya net sell sebesar Rp 259 M, rupiah masih stabil dilevel 8660-an. Posisi saya hari ini relatif hampir kosong setelah kemarin melakukan penjualan juga hari ini. Seperti review posting kemarin trio metal tampaknya berdiam diri tidak seperti pergerakan hari kemarin yang tampak kuat juga PGAS. ASGR dan BRPT masih ada gerakan uptrend untuk hari ini.

Saham-saham BC lainnya tampak mulai memberikan sinyal death cross, walaupun volume hari ini relatif kecil. Prediksi besok hari lebih dipengaruhi oleh sentimen global dan regional. Level radiasi di Jepang di kabarkan meningkat yang memicu kekhawatiran setelah terjadinya gempa susulan hari ini. Market Asia rata-rata minus diatas 1%. Saat artikel ini ditulis Market Eropa juga minus diatas 1%, tinggal lihat closingnya serta pergerakan dari Dow dan commodity price terutama harga oil dan emas.

Berdasarkan data sementara prediksi untuk besok bisa saja IHSG akan memasuki awal fase bearishnya minimal minor koreksi  support 1 ada di 3650-an dan support 2 di 3620-an serta  support psycologis di 3600. Berita positifnya posisi asing sebenarnya masih cukup banyak di dalam dan mereka sedikit-banyak akan berusaha mempertahankan posisinya agar tidak rugi. Strategi yang umum dipakai biasanya dengan "average down" dan "short sell" tergantung dari sikon dan jenis sahamnya. Kedua strategi diatas saling bertolak belakang satu lagi yang perlu di perhatikan adalah posisi margin yang saat ini cukup banyak dipakai oleh pelaku pasar. Apabila penurunan pada salah satu saham mencapai posisi forced sell maka akan memicu juga penurunan saham yang lain yang pada akhirnya memicu penurunan yang cukup dalam dan merata terutama pada saham bc. Ujung-ujungnya akan terjadi panic selling, pada kondisi ini biasanya support-support kuat akan tertembus juga.

Intinya kita para pelaku pasar, baik sebagai scalper, swing trader maupun investor harus selalu siap terhadap segala kemungkinan dan selalu disiplin dangan cash management yang merupakan kunci paling penting dalam berinvestasi di saham, melebihi pengetahuan TA dan FA yang juga penting. Mungkin di kesempatan lain , kalau ada waktu akan saya bahas secara khusus mengenai cash management ini nggak janji lhoo yaa.....karena kesibukan di pekerjaan saya sehari-hari.

Saham-saham yang dicermati buat besok:

BRPT: stoc, rsi uptrend volume low
Support 990...980
Resist: 1010...1030

Watch : lainnya PNIN,PNLF,AMFG,MPPA,INCO, prhatikan dulu arah gerakan market

Kalau memang ada penurunan biasanya juga akan muncul saham-saham permen ( ASRJ mungkin salah satunya setelah 2 hari ar kanan).

Save trade and happy profit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.