DISCLAIMER

DISCLAIMER




Segala tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli atau menjual saham tertentu. Semua keputusan menjadi tanggung jawab anda masing-masing. Berhati-hatilah dalam investasi dipasar modal. Pelajari terlebih dahulu segala resikonya sebelum mengambil keputusan, apabila salah bisa menimbulkan kerugian.




Minggu, 21 Februari 2016

Rich trader review 19-02-16



IHSG close minus 81 poin asing net sell Rp 747 M dengan value transaksi harian sebesar Rp 6,5 T. Bursa regional juga minus, hanya saja tidak sedalam apa yang terjadi dengan IHSG. Berbagai spekulasi muncul mengenai trigger koreksi yang sedang terjadi.

Begitu dibuka pre open IHSG sudah langsung minus dan dalam perdaganan kemarin mengalami tekanan jual yang cukup hebat. Salah satu rumor penyebab jatuhnya IHSG adalah soal pembatasan NIM perbankan oleh OJK. Itu sendiri masih perlu kejelsan yang detail mengenai implementasinya di lapangan, juga waktu berlakunya. Seringkali wacana yang muncul jika mendapat kontra yang cukup kuat biasanya akan ditunda, paling tidak itu yang terjadi beberapa kali. Asing paling tidak suka jika ada ketidakpastian, karena mereka akan sulit sekali menghitung factor risk dan BEP investasi mereka, jika di kemudian hari muncul kebijakan yang tidak seiring dengan keinginan mereka. Disisi lain bunga kredit yang murah akan menjadi pemicu bergeraknya roda ekonomi.

IHSG sendiri mempunyai support di 4660 dan 4596 yang merupakan gap bawah, sedangkan resistnya ada di 4745. Kita lihat apakah tekanan jual asing akan berhenti pada besok dan kembali akumulasi atau justru masih akan berlanjut. Posisimasing sendiri sejak awal tahun dengan net sell Jumat kemarin masih net buy di kisaran Rp 1,8 T. Beberapa saham BC yang menduduki posisi asing net sell: TLKM, BBRI, BBNI, BMRI dan PGAS. TLKM, BBCA dan BMRI sudah berada di kisaran lower band. Cermati jika terjadi tknikal rebound.

Dow pada Jumat close minus tipis 0,13%, Eropa minus 0,3%- 0,7%, oil terkoreksi di kisaran 29,64 dan gold di 1226,8 serta Rupiah di kisaran 13.509.  Secara umum bursa regional maupun global juga menunjukan akan sinyal koreksi, hal ini sesuatu yang wajar setelah pada minggu kemarin hampir semua bursa mengalami teknikal rebound. Tetap disiplin dengan trading plan dan money management.
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.