DISCLAIMER

DISCLAIMER




Segala tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli atau menjual saham tertentu. Semua keputusan menjadi tanggung jawab anda masing-masing. Berhati-hatilah dalam investasi dipasar modal. Pelajari terlebih dahulu segala resikonya sebelum mengambil keputusan, apabila salah bisa menimbulkan kerugian.




Rabu, 03 November 2010

Rich trader review 03-11-10

IHSG close minus 19 poin, saham TLKM ternyata hari ini masih mendapat teknanan jual lagi, dan closing cukup jauh dari lower band-nya. Rumor di luar banyak yang mengatakan hari ini adalah hari terakhir order jual. Benar-tidaknya hanya mr market yang tahu, kita lihat saja besok pagi pergerkan saham TLKM ini.

Trade hari ini mulai banyak saham-saham blue chip yang turun cukup dalam, seperti INTP turun 3,9%  dengan volume cukup besar. PTBA hari ini juga turun 3,4 % dengan volume rata-ratanya. Beberapa saham blue chip dan second liner fundamental baik juga turun cukup dalam dari titik tertingginya. Kalau ada waktu akan saya lampirkan pada posting berikutnya, sering-sering aja lihat update blog-nya.

Seperti yang saya posting pada ulasan kemarin, secara technical IHSG tetap divergen negatif dan berpotensi turun, walaupun masih butuh beberapa konfirmasi lagi. Pada kondisi seperti ini sebaiknya merampingkan portofolio dan tetap cash management dengan ketat. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi besok pagi, lebih bijaksana kita menyiapkan trading plan dan sudah siap apabila market bergerak tidak seperti yang kita harapkan. Posisi asing masih net sell sekitar RP 200 M.

Di tengah ketidak pastian seperti ini, tetap saja ada saham-saham yang naik, dari postingan kemarin beberapa saham tetap naik seperti: BNGA dan SMRA. Beberapa yang lain sempat naik walaupun close lebih rendah dari open. Untuk review besok saya tidak posting banyak, karena secara umum saham-saham blue chip maupun yang berfundamental baik memberikan sinyal sell dengan konfirmasi. Artinya masih dibutuhkan konfirmasi lagi sebelum membentuk down trend pattern. Kondisi yang masih cukup menunjang IHSG adalah nilai tukar rupiah yang masih cukup stabil dan adanya IPO beberapa saham dalam waktu mendatang, sehingga IHSG masih akan dijaga oleh pihak-pihak yang berkepentingan.

Saya tetap berharap kalau prediksi saya tentang divergen negatif tidak terjadi, dengan begitu market akan tetap kondusif, sambil melanjutkan bull trend-nya.

Beberapa saham yang perlu dicermati untuk besok:

BBNI: stoc ,william an rsi masih uptrend, volume perdagangan masih rata-rata
Support: 3875...3825
Resist:  4000...4100

SMRA: stoc golden cross,william dan rsi uptrend
Support: 1190...1130
Resist:  1230....1260

Watch: BNGA,BNLI,ELSA,GGRM,MLPL,PNIN

Save trade and happy profit, protect your capital

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.